Lambang Dan Bendera

LAMBANG & BENDERA

LAMBANG

Keterangan Warna :

  • Orang : Coklat
  • Daun dan Huruf KNPI : Kuning
  • Dasar bagian bawah : Biru
  • Dasar bagian atas : Putih
  • Garis Pinggir : Hitam

Pengertian Lambang :

Bentuk figur : Perlambang Pemuda, menatap ke masa depan dengan optimis Memegang “daun berhelai lima” perlambang akan setiap tindakan perbuatan selalu berpegang pada azas “Pancasila” dan juga simbol untuk kemakmuran.

Figur yang mendorong : mengartikan maju, kedinamisan, kemauan bekerja, membangun Huruf-huruf KNPI yang “menyatu” mengartikan : Persatuan dan kegotong royongan, kesatuan tindak dalam KNPI Bentuk : mengartikan perisai : ketahanan Pemuda terhadap pengaruh luar mengartikan wadah : tempat berkumpul, bersatunya pemuda-pemuda.

Pengertian Tata Warna :

Biru : Menggambarkan lautan Indonesia yang mengelilingi Kepulauan Nusantara

Coklat Muda : Manusia / Bumi Indonesia

Kuning Muda / Kehijau-hijauan : Warna daun muda yang menggambarkan generasi muda harapan bangsa dan sifat pemuda itu sendiri yang penuh optimis dan harapan.

BENDERA

Ukuran lebar dan panjang bendera adalah 3 x 4 Warna bendera ialah biru (bagian atas) dan putih (bagian bawah dengan lambang KNPI di tengah-tengah Bendera yang berukuran 90 x 120 cm dipergunakan pada peristiwa yang digolongkan bersifat upacara resmi baik yang bersifat nasional maupun yang bersifat internal organisasi. Pada persitiwa-peristiwa biasa, bendera tidak terikat ukuran 90 x 120 cm tetapi harus tetap dalam perbandingan 3 : 4