Musda Pemuda/KNPI Bukti Eksistensi, Persatuan, dan Kekuatan Pemuda Indramayu

19/09/2019

Musyawarah Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (MUSDA KNPI) XIII Kabupaten Indramayu telah selesai dilaksanakan. Acara yang berlangsung selama satu hari pada Selasa (17/09/2019) di Hotel Handayani Indramayu tersebut berlangsung meriah dan berjalan dengan lancar. 

Pada pembukaan acara juga turut di hadiri Bupati Indramayu beserta jajaran Forkominda, Wakil Bupati Terpilih, Ketua DPRD Indramayu beserta pimpinan Fraksi, jajaran kepala Dinas, Para Camat, dan Juga para peserta Musda dari unsur Pengurus kecamatan (PK) dan Organisasi kemasyarakatan Pemuda (OKP)

Bupati yang memberikan sambutan lebih awal banyak memberikan pesan penting bagi pemuda Indramayu pada umumnya dan peserta Musda pada khususnya. Bupati H. Supendi menjelaskan, Pemuda sebagai salah satu elemen bangsa harus waspada terhadap kebebasan dan keterbukaan yang dapat menjadi bumerang bagi semuanya.

Lebih lanjut H. Supendi menjelaskan jika peran organisasi kepemudaan harus dapat menjawab dan memelihara pluralitas, kebebasan, keterbukaan dan perbedaan menjadi pemicu untuk berfikir positif. Sehingga mengerucut dan membentuk suatu kesatuan guna mewujudkan cita-cita bangsa dan daerah khususnya.

Dalam kesempatan itu ia berharap, hasil kegiatan MUSDA KNPI Kabupaten Indramayu untuk dapat merumuskan peran pemuda di masyarakat Indramayu yang sedang dan akan terus membangun kebersamaan mencari suatu pandangan kedepan dengan berbagai program yang konkrit dan relevan.

“Hasil musyawarah KNPI Kabupaten Indramayu diharapkan memiliki gagasan dan program pembangunan daerah. Untuk kemudian dapat diimplementasikan di tengah-tengah masyarakat secara nyata,” katanya.

Dengan momentum pemilihan Ketua DPD KNPI Kabupaten Indramayu. Tentunya harus menjadi perhatian serius, karena KNPI sebagai organisasi pemuda terbesar perlu adanya pemimpin yang karismatik dan demokrasi serta siap menerima kritik dan saran membangun dari berbagai belah pihak.

“Ketua DPD KNPI Kabupaten Indramayu terpilih nantinya juga diharapkan manjalankan tugas penuh tanggung jawab. Serta mau menerima saran dan kritik yang membangun. Selain itu harus mampu menjadi pemimpin yang paripurna yakni, pemimpin baru sebagai generasi penerus KNPI masa yang akan datang,” jelasnya

Sementara itu Ketua DPD KNPI Jawa Barat H. Rio F Wilantara juga turut kagum dan bangga. Dirinya mengatakan jika selama aktif di KNPI, Musda XIII KNPI Indramayu merupakan Musda yang paling ramai dan meriah jika di banding dengan Musda KNPI Daerah lainnya di provinsi Jawa Barat. 

Pada Pleno VI Musda XIII KNPI Indramayu Presidium sidang telah menetapkan Yoga Rahadiansyah sebagai Ketua terpilih DPD KNPI Indramayu untuk periode 2019-2022. Semula pada agenda pemilihan calon ketua DPD KNPI Indramayu terdapat dua nama calon ketua yang muncul. Akan tetapi dalam verifikasi akhir, salah seorang calon gugur karena tidak memenuhi kriteria yang sudah ditetapkan seteringe commite. 

Oleh karenanya, Para peserta Musda XIII KNPI Indramayu sepakat menetapkan calon tunggal an memanagkan Yoga Rahardiansyah secara aklamsi untuk menjadi ketua DPD KNPI Indramayu kedua kalinya atau menampuk jabatan untuk masa kepemimpinan periode 2019 – 2022. 

Saat di konfirmasi Tim Media Center KNPI Inramayu, Yoga Rahadiansyah menyampaikan pesan penting atau pernyataan penting terkait kemenanganya dalam hajat besar demokrasi KNPI di tingkat daerah yang berlangsung aman, tertib dan meriah tersebut. 

Yoga sangat berterima kasih dan mengapresiasi kepada para OKP, DPK, Panitia, Jurnalis, Pemerintah Daerah, dan semua pihak yang telah membantu atau berpartisipasi dalam upaya mensukseskan Musda XIII KNPI Indramayu.

Ada beberapa hal penting yang diutarakan seperti misalnya dirinya berjanji akan menyusun atau membuat program kerja yang strategis dan melanjutkan program-program kerja, khususnya memperbaiki kekurangan-kekurangan pada periode kepengurusan pertama yang terbatas oleh waktu.

Lebih lanjut, Yoga beserta pengurus yang lain nantinya akan melaksanakan beberapa rekomendasi seperti yang tertuang pada hasil pleno Musda XIII KNPI Indramayu. Yoga juga tidak menampik jika masa kepemimpinan sebelumnya masih banyak pekerjaan rumah yang belum terlaksana atau terealisasi

Selain Itu, sebagai ketua terpilih Yoga akan menyusun komposisi kepengurusan dengan mengakomodir semua element OKP dan PK yang ada, sesuai dengan ketentuan atau atauran yang aa di AD/ART. 

Kemudian yang terahir adalah DPD KNPI Indramayu sangat berharap mendapat dukungan dari semua pihak termasuk dukungan dari pemerintah daerah terhadap generasi muda Kabupaten Indramayu, Khusunya untuk OKP maupun PK KNPI. Dengan meriahnya acara Musda XIII itu menunjukan jika kekuatan pemuda tidak bisa di anggap biasa.